SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH HAJI PARA TAMU ALLAH, SEMOGA MENJADI HAJI YANG MABRUR.

Rabu, 14 Maret 2012

Kultur dan Mental Borokrasi

Radhar Panca Dahana: Kultur dan Mental Birokrat Harus Diubah!


Pekerjaan sebagai pegawai negeri sipil saat ini diminati banyak orang, meski pekerjaan menjadi seorang birokrat saat ini semakin tidak bener.
Demikian disampaikan Budayawan, Radhar Panca Dahana saat menjadi pembicara dalam diskusi tentang Birokrasi Dicurigai dan Diminati di pressroom DPD RI, Senayan, Jakarta (Jumat, 9/3).
Menurut Radhar, orang menjadi pegawai negeri karena mendapat jaminan seumur hidup. Tapi, sayangnya, sekarang orang hanya maunya dapat uang dari birokrasi tanpa mau susah-susah. "Itu menjadi salah satu faktor yang kuat menjadi kultur kerja," jelasnya.
Karena itu, yang harus diubah adalah bagaimana birokrasi diminati bukan karena faktor negatif. "Saya kira aparatur negara harus bertanya kembali,'Untuk apa aku bekerja pada negara'," tuturnya.
Lebih jauh, dia mengungkapkan, bekerja pada negara adalah bekerja untuk mengabdikan nilai. Tapi bukan nilai yang negatif tentunya. "Karena lembaga adalah sebuah alat untuk mengabdi," ungkapnya.
Menurut Radhar, dalam hal ini bukan hanya kesadaran yang diperlukan tapi bagaimana memiliki batin yang baik. "Bagaimana kita mengembalikan etos atau nilai-nilai kultur etika," paparnya.

Sumber: www.rakyatmerdekaonline.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar