SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH HAJI PARA TAMU ALLAH, SEMOGA MENJADI HAJI YANG MABRUR.

Selasa, 01 Juli 2014


Kemenag Review Kamus Kompetensi dan Standar Kompetensi Jabatan


Biro Kepegawaian mereview kamus kompetensi dan standar kompetensi jabatan (SKJ) untuk memperkuat proses reformasi birokrasi di Kementerian Agama.  Kamus kompetensi dan SKJ ini nantinya dijadikan sebagai alat dalam melakukan penilaian (assessment) kompetensi pegawai.
“Sumber Daya Manusia adalah faktor strategis, maka assesment harus berperan terhadap rekruitmen, penempatan, distribusi dan mutasi untuk menempatkan aparatur Kementerian Agama sesuai kompetensinya,” demikian penegasan Kepala Biro Kepegawaian, Mahsusi, saat memberikan arahan pada Kegiatan Review Kamus Kompetensi dan penyelerasan Standar Kompetensi Jabatan (SKJ) Setjen, Ditjen Bimas Islam, Inspektorat Jenderal, Ditjen PHU, dan Ditjen Pendidikan Islam di Jakarta, pertengahan Juni lalu.
Menurut Mahsusi, profil kompetensi pegawai (profiling competencies) yang dihasilkan oleh Asesmen Kompetensi menjadi alat penting untuk tahapan promosi dan mutasi bahkan rekruitmen.
Terkait hal ini, Kabag Ortala dan Kepegawaian Ditjen Bimas Islam, Eddy Mawardi mengatakan bahwa unit yang dia pimpin telah siap untuk ikut dalam arus reformasi birokrasi di mana asesmen kompetensi merupakan pendukung utamanya.  Senada dengan Eddy, Kasubbag Kepegawaian Itjen, Ali Zakiyudin juga siap membantu niat baik Biro Kepegawaian dalam menyempurnakan Asessment Kompetensi Kementerian Agama.
Sebelumnya, Kabag Assessment dan Pengembangan Pegawai, Teguh Sarwono, mengatakan bahwa Review kamus dan SKJ pada beberapa Unit Eselon I ini merupakan langkah Biro Kepegawaian untuk memenuhi komitmen dan keseriusannya dalam menyempurnakan Asessment Kementerian Agama.
Senada dengan Kasubbag Assessment Jabatan Fungsional, Syahrudin, mengatakan bahwa Review Kamus dan SKJ ini menunjukkan bahwa Assessment Kompetensi Kementerian Agama akan terus fleksibel dalam melihat Kamus dan Standar Kompetensi Jabatan.
Sementara Wildan Hasan Syadzili selaku Kasubbag Assessment Jabatan Struktural menyampaikan, bahwa Asesment Kompetensi yang baik adalah penilaian yang didukung dengan Standar Kompetensi dan Kamus Kompetensi yang baik, maka Review merupakan keniscayaan dalam pelaksanaan Asesmen Kompetensi. (www.kemenag.go.id)



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar